Sunday, December 3, 2017

Tutorial Awal Codeigniter Bagi Pemula

Siapa yang tidak kenal dengan framework php satu ini ,bagi seorang web programer framework codeigniter memang sudah tidak asing lagi. CodeIgniter adalah kerangka kerja PHP yang kuat dengan tapak yang sangat kecil, dibangun untuk pengembang yang membutuhkan toolkit sederhana dan elegan untuk membuat aplikasi web berfitur lengkap. Baik langsung saja ke pembahasan cara membuat web di codeigniter untuk pemula.

Pelajari model MVC
Codeigniter adalah salah satu framework yang mengusung model MVC (Model-view-controller) (MVC) adalah pola arsitektur perangkat lunak untuk mengimplementasikan antarmuka pengguna pada komputer. Ini membagi aplikasi yang diberikan ke dalam tiga bagian yang saling berhubungan. Hal ini dilakukan untuk memisahkan representasi informasi internal dari cara informasi disajikan, dan diterima dari pengguna. Pola desain MVC memisahkan komponen utama yang memungkinkan penggunaan kembali kode dan pengembangan paralel yang efisien.

Pelajari Dasar PHP 
PHP merupakan bahasa wajib programmer web. 

Pelajari Dasar OOP
OOP adalah salah satu makanan wajib. Pembuatan website modern saat ini akan lebih mudah jika menggunakan template kode program yang dikenal dengan framework. ya termasuk CI

Oke sekarang siapkan Codeigniter , bisa di download di sini 
Extrak dan Taruh di xampp/htdocs. ganti nama folder sesuai keinginan anda misal riowenda.
Tes Codeigniter 


Pada tahap ini kita sudah berhasil mengaktifkan codeigniter.


 

No comments:

Post a Comment